Saturday, September 5, 2009

IDEOLOGI?

Ideologi, Kata-kata ini sudah sering kita dengar, tapi apakah anda paham apa arti dari kata ideologi ini? Apakah hanya suatu paham? hanya ide atau pemikiran semata? tentu saja bukan.

Secara etimologis(bahasa), ideologi merupakan gabungan dari dua kata, yaitu, idea dan logia.

Idea sendiri berasal dari kata idein yang pada dasarnya memiliki arti melihat, dan jika kita artikan lebih dalam bermakna suatu ide yang ada di dalam pikiran sebagai hasil perumusan sesuatu pemikiran atau rencana .

Logia berarti ilmu pengetahuan atau teori, terkandung kata logis yang berasal dari logos dari kata legein yang berarti berbicara.

Dan jika kita gabungkan kedua makna diatas, ideologi bermakna ideologi adalah pengucapan atau pengutaraan terhadap sesuatu yang terumus di dalam pikiran. Dijabarkan pertama kali oleh Antonie Destutt de Tracy.

Secara terminologis(istilah), ideologi adalah cara hidup atau tingkah laku atau bisa juga disebut sebagai hasil pemikiran yang menunjukan sifa-sifat tertentu dari satu individu atau suatu kelas, bahkan ada beberapa yang mengungkapkan bagwa ideologi adalah ide atau hasil pemikiran dari suatu kelas dalam masyarakat.

Ideologi sendiri mencerminkan cara berpikir masyarakat, bangsa maupun negara, namun juga membentuk masyarakat menuju cita-citanya.

No comments:

Post a Comment